Sunday, 8 January 2017

Begini Cara Asik Agar Tidur Berkualitas

Hallo selamat hari senin dear blogmaters. Liburan anak sekolah sudah usai ya blogmaters, sekarang saatnya beraktivitas kembali. Dengan kembali beraktivitas tentu akan melakukan rutinitas seharian kan? Supaya tubuh tetap sehat dan fit sebaiknya optimalkan tubuh saat beristirahat, dengan tidur yang cukup dan tentunya tidur yang berkualitas dong. Tidur itu adalah cara tubuh kita memperbaiki diri atau auto healing loh, namun tidurnya haruslah berkualitas agar tubuh kita mampu memperbaiki dirinya sendiri.


Seperti apa memang tidur berkualitas itu? Adalah tidur yang membuat tubuh nyaman dan sehat. Kali ini saya akan memberikan tips agar tidurnya blogmaters semua berkualitas dan ketika menghadapi hari esok akan dijelang dengan penuh semangat, karena badan dan pikiran yang sehat.

Jauhkan gadget

Sebelum tidur jauhkan semua gadget dari dekat blogmaters deh, jangan tiduran sambil pegang gadget. Karena paparan dari gadget itu akan menghambat kualitas tidur para blogmaters loh, karena gelombang electromagnet mampu menstimulasi otak untuk kemudian melepaskan hormone stress.  Jadi, jika ingin tidurnya berkualitas sebaiknya jauhkan segala macam gadget, terutama smartphone. Matikan lampu, pejamkan mata dan berdoalah.

Men-suggest diri sendiri

Berikan sugesti positif pada diri sendiri untuk bangun dipagi hari dan dalam keadaan bugar. Asiknya bangun pagi dengan badan bugar kemudian sarapan dan ready to go deh. Berikan sugesti positif akan membuat hari – hari menjadi menyenangkan dan selalu bergairah, coba saja. Ini juga mampu mengelola otak agar tidur tepat waktu pas malam harinya.

Jadwal tidur malam

Jadwalkan tidur malam, jika setiap malam tidur jam 21.00 maka jadwalkan secara rutin setiap malam untuk tidur jam 21.00 . Tidur malam dengan teratur akan membuat metabolisme bekerja dengan baik. Boleh sih sesekali begadang namun hanya sekali dalam seminggu itupun kalau memang terpaksa tidur larut.


Jadwal makan

Agar jadwal tidur teratur, maka aturan makan juga harus terjadwal. Hindari juga karbohidrat berlebihan namun usahakan karbohidrat yang dikonsumsi itu tepat bagi tubuh. Jika karbohidrat berlebihan, kadar serotonin akan meningkatkan ketenangan dan juga akan membuat rasa kantuk lebih cepat, plus akan lebih cepat lelah.


Mudah bukan mendapatkan tidur yang berkualitas? Blogmaters bisa coba dari sekarang yuk, jangan tunda lagi untuk membuat diri disiplin akan jam tidur malam. 

4 comments:

  1. Aku suka lupa matiin hp nih. Dah gitu naruh hpnya suka deket-deket kepala. Mungkin ini salah satunya yang bikin pusing ya :D

    ReplyDelete
  2. saya suka susah jauh - jauh dari hp, kecuali kalau sakit hiks

    ReplyDelete
  3. Wiiihhh... itu gadget tuh... klo sblum tidur suka main HP dulu, trus HP di biarin tergeletak gitu aja di tempat tidur -_-'

    ReplyDelete
  4. betul, penyakit jelek msh blm bs ilang nih. cek2 medsos sblm tidur akhirnya bablas kemalaman

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan dan jangan meninggalkan link hidup pada kolom komentar ya para blogmate

Popular

Beli domain murah disini

Total Pageviews